60 Petugas TIK Kabupaten Blora Dilatih Membuat Website

Dinas Komunikaksi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menyelenggarakan pelatihan pembuatan website, e-mail dan pendaftaran sistem elektronik di lingkungan pemerintah kabupaten Blora.

Pelatihan berlangsung sehari, Rabu (26/4), bertempat di ruang pertemuan Setda Blora dengan melibatkan 60 peserta dari Petugas Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Blora. Acara dibuka Kepala Dinkominfo Kab. Blora Drs. Sugiyono, M.Si.

“Betapa pentingnya teknologi sekarang ini sehingga kita dituntut untuk bisa memahami dan tahu bagaimana sistem pembuatan konten serta cara pengelolaan yang baik dan konsisten,” kata Kepala Dinkominfo Kab Blora, Sugiyono.

Kepada para petugas TIK / Operator, menurut Sugiyono, diminta untuk bisa berperan maksimal memberi pelayanan kepada publik.

“Jangan dijadikan beban, dan saya yakin tenaga TIK sangat dibutuhkan di era sekarang ini. Kami percaya diatara petugas operator memiliki kemampuan dan SDM yang baik. Jangan enggan untuk menularkan ilmunya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinkominfo menyinggung soal kesejahteraan para petugas TIK yang sudah sewajarnya mendapat perhatian.

“Dari hasil studi banding, seperti di Kabupaten Bantul, anggarannya cukup banyak. Sementara di Blora masih kurang. Oleh karena itu, kami minta tunjukkan dulu kinerja dan pelayanan yang baik sehingga nanti bisa kami usulkan untuk anggaran kesejahteraan,” ujarnya.

Masih menurut Sugiyono, bagi petugas yang menangani pemberitaan diminta lebih intensif menyampaikan informasi dengan catatan harus sesuai dengan kaidah dan tata cara penulisan yang sesuai.

“Sebelum dipublish, sebaiknya di konsultasikan dulu dengan pimpinan terkait di masing-masing OPD,” tambahnya.

Kepala Bidang teknologi informasi (TI) Dinkominfo Kab. Blora Sukarjo dalam laporannya antara lain menyampaikan tujuan diselenggarakan kegiatan agar peserta dapat mengetahui pembuatan dan tata kelola website. Sekaligus sebagai tindak lanjut orientasi keterbukaan informasi publik dengan menghadirkan Pejabat Pengelola Iinformasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu dan Petugas Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) se Kabupaten Blora yang telah diselenggarakan sebelumnya (11/4).

“Pelatihan kali ini, dipandu petugas teknis dari Bidang TI Dinkominfo Kab Blora,” kata Sukarjo.

Melalui pelatihan, kata Sukarjo. Diharapkan ada peningkatan keterbukaan informasi publik yang lebih transparan dan akuntabel pada pelayanan masyarakat. (Dinkominfo Kab. Blora).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *