Visi dan Misi

  1. VISI

“Terwujudnya masyarakat Blora yang lebih sejahtera dan bermartabat”

Visi tersebut merupakan kelanjutan dari visi sebelumnya dengan melanjutkan misi dan program yang belum tercapai secara optimal.

Berdasarkan visi tersebut, di harapkan seluruh elemen masyarakat Blora ( termasuk di dalamnya unsur pemerintah daerah )  lebih mengoptimalkan seluruh kapasitas yang di milikinya untuk mewujudkan masyarakat blora yang sejahtera dan bermartabat.

Penjelasan visi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Masyarakat yang sejahtera, mengandung maksud bahwa seluruh masyarakat kabupaten blora telah mampu memenuhi kebutuhan dasarnya, meliputi sandang, pangan, papan, pendidikan, dan kesehatan secara layak dan berkeadilan.

Kondisi ini di tandai tinginya pendapatan per kapita penduduk, pemeratan

pendidikan bagi masyarakat, tingginya derajat kesehatan masyarakat,  menurunnya jumlah penduduk miskin, terciptanya iklim investasi, menigkatnya jumlah lapangan kerja di berbagai sektor usaha, persediaan infrastruktur dasar dan terciptanya kelestarian lingkungan hidup.

  1. Bermartabat mengandung maksud bahwa masyarakat blora memiliki harga diri yang tercermin melalui akhlak mulia dan berbudaya. Berakhlak mulia dalam arti memperoleh kemajuan pada dimensi mental-spiritual, keagamaan dan kebudayaan yang ditandai dengan terbentuknya masyarakat yang bermoral dan berkarakter, sebagai wujud kesejahteraan masyarakat secara lahir dan batin. Berbudaya dalam arti menjujung tinggi nilai-nilai kebudayaan termasuk di dalamnya hokum kearifan local sebagai cerminan harkat dan martabat manusia. Berbudaya merupakan aktifitas terus-menerus dalam menumbuhkembangkan kualitas yang di tandai dengan terwujudnya budaya profesionalisme, daya saing, etos kerja dan menghormati hukum. Kebudayaan sebagai sebuah bidang kehidupan menjadi elemen penting menuju masyasrakat yang sejahtera.
  2. MISI

Sebagai upaya mewujudkan visi , di tetapkan Misi sebagai berikut :

  1. Mewujudkan pemerintahan yang efektif bersih KKN dan demokratis, melaksanakan reformasi birokrasi dalam rangka peningkatan publik.
  2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pendapatan masyarakat dan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya daerah yang ramah lingkungan dan berkesinambungan.
  3. Meningkatkan niklim kondusif dan kerjasama dengan pihak-pihak yang berkepentingan serta menciptakan lapangan kerja dan mengembangkan investasi.
  4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia , kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan, sosial dasar, pemberdayaan masyarakat, dan lainnya serta memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan kearifan local.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana publik.
  6. Mewujudkan ndan mendorong terwujudnya kebijakan daerah yang berpihak pada masyarakat miskin ( Pro poor ), Pro job, Pro growth, Pro environment, dan Pro gender.
  7. Mewujudkan penegakan supremasi hokum dan hak asasi manusia ( HAM ).

Sesuai dengan peraturan pemerintah No. 38 th 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten atau kota, kecamatan tugas pokok dan fungsinya masuk dalam urusan otonomi daerah, pemerintahan umum, administrasi keuangan daerah,

perangkat daerah, kepegawaian, dan persandian. Mengacu pada visi pemerintah

kabupaten blora 2016 – 2021 yaitu mewujudkan pemerintah yang bersih menuju masyarakat blora yang sejahtera, dan visi pemerintahan kabupaten blora 2016 – 2021 maka SKPD Kecamatan kedungtuban berupaya mewujudkan dengan titik pada misi pertama yaitu:

“Melanjutkan reformasi birokrasi untuk menciptakan pemerintahan yang bersih , bebas KKN, berdaya dan berhasil guna di semua bidang pemerintahan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik”.

Kendala yang di hadapi SKPP Kecamatan kedungtuban terkait dengan upaya meningkatkan pelayanan public adalah terbatasnya  sarana dan prasarana, keterbatasan jumlah aparatur sehingga pelayanan public memerlukan waktu lama, kecepatan dan ketepatan pelayanan belum dapat di laksanakan secara optimal.